Sunday, April 25, 2010

About Movie

Movie... Yeah I looove watching movies. Especially western and Japanese! Bukan berarti saya gak suka nonton film Indonesia. Suka juga kok. Cuma memang bukan prioritas. Bisa dihitung lah berapa kali saya nonton film buatan anak negeri. Well, but that's not the point. Bukan itu yang ingin saya bahas sekarang.

Ngomongin soal film, seperti yang sudah saya katakan, saya sangat suka nonton film. Dan selama ini yang saya lakukan ya hanya sebatas nonton dan menikmati ceritanya saja. Saya gak pernah membahas hal-hal lain di balik terciptanya sebuah film. Sampai saya mengenal seorang teman yang movie-addict (maaf menyebutmu begini). Ia selalu memperhatikan tiap detil film. Bukan semata-mata jalan ceritanya, tapi juga akting para pemainnya, nilai bandingnya dengan film sejenis, sampai ke proses penerjemahan dialognya. Hebat. Saya sungguh mengagumi kekritisannya menyangkut soal yang satu ini. (^-^)

Semua yang dibahasnya tentang film sungguh menginspirasi saya. Membuat saya berniat mulai dari sekarang saya akan mencoba untuk tidak sekedar menjadi penonton dan penikmat film, tapi juga 'kritikus' kecil-kecilan. Hehe... Bukan berarti saya mau mulai mencari-cari kesalahan dalam film yang saya tonton, tapi saya cuma mau sedikit kritis. Ujung-ujungnya dengan dalih supaya saya bisa membedakan mana film yang berkualitas, mana yang bukan. Saya gak mau terus-terusan jadi penonton pasif. Bukankah bagus juga jadi penonton yang cerdas dan kritis. Terlalu berharap lah ya bisa kasih kritikan atau masukan langsung ke para pembuat film di luar sana, tapi akan sangat menyenangkan jika saya bisa menjadi penonton yang cerdas. Semata-mata demi kepuasan pribadi. Mungkin mulai sekarang saya juga akan lebih banyak lagi membaca review film dan mengikuti forum-forum yang membahas soal film. Hmm...baiklah. Mari kita cari referensi sebanyak-banyaknya. Ah ya, untuk mengasah ilmu mungkin ada baiknya sesekali saya melakukan pembahasan bersama teman saya itu. (^-^)

No comments: