Thursday, November 26, 2009

Lubang Biopori

Pagi ini aku dan beberapa rekan kerjaku mengikuti kegiatan bertema lingkungan di kantor bernama 「Penutupan Biopori」. Pas dapat undangannya kemarin, kupikir itu acara penutupan kegiatan bernama 「Biopori」, ternyata itu kegiatan 「Penutupan (Lubang) Biopori」, hihi... 勘違いです~ *blush*


Bicara tentang Biopori-nya sendiri, apa sih yang dimaksud biopori itu? Apa pula maksud kegiatan 「Penutupan Biopori」 ini? Berikut penjelasannya sebagaimana yang kusalin dari informasi yang kudapat (^-^).


Secara alami, bipori adalah lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme dalam tanah seperti cacing atau pergerakan akar-akar dalam tanah. Lubang tersebut akan berisi udara dan menjadi jalur mengalirnya air. Jadi air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air, tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut.


Tetapi, di daerah perkotaan, keberadaan pepohonan semakin tergusur oleh bangunan-bangunan sehingga lubang biopori menjadi semakin langka. Lagipula, banyaknya pepohonan tidak selalu mengartikan akan ada banyak air yang teresap, karena permukaan tanah yang tertutup lumut membuat air tidak dapat meresap ke tanah.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuatlah lubang resapan atau sumur resapan buat manusia yang sekarang dikenal dengan lubang biopori. Biopori dapat dibuat di halaman depan, halaman belakang, atau taman rumah. Lubang biopori sendiri umumnya dibuat deagn lebar kira-kira 30cm, jarak antar lubang sekitar 50~100 cm.


Manfaat yang bisa didapat dengan pembuatan biopori ini yaitu sebagai berikut :
1. Mencegah banjir


Banjir sendiri telah menjadi bencana yang merugikan bagi warga. Keberadaan lubang bipori dapat menjadi jawaban dari masalah tersebut. Bayangkan bila semua rumah, kantor, atau tiap bangunan memiliki biopori berarti jumlah air yang segera masuk ke tanah tentu banyak pula dan dapat mencegah terjadinya banjir.

2. Tempat pembuangan sampah organik


Banyaknya sampah yang bertumpuk juga telah menjadi masalah tersendiri di kota-kota di Indonesia. Kita dapat pula membantu mengurangi masalah ini denag memisahkan sampah rumah tangga kita menjadi sampah organik dan non-organik. Dan sampah organik bisa dibuang dalam lubang biopori.


3. Menyuburkan tanaman


Sampah organik yang kita buang di lubang biopori merupakan makanan untuk organisme yang ada dalam tanah. Organisme tersebut dapat membuat sampah menjadi kompos yang merupakan pupuk bagi tanaman di sekitarnya.
4. Meningkatkan kualitas air tanah
Organisme dalam tanah mampu membuat sampah menjadi mineral-mineral yang kemudian dapat larut dalam air. Hasilnya, air tanah menjadi berkualitas karena mengandung air mineral.



CARA MEMBUAT LUBANG BIOPORI
1. Buatlah lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diametr sepuluh sentimeter. Kedalaman ±100 cm, dengan kata lain tidak sampai melampaui permukaan air tanah jika air tanahnya dangkal. Jarak anatar lubang adalah 5~100 cm.


2. Isilah lubang dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa tanaman, dedaunan, atau pangkasan rumput.


3. Sampah organik hendaknya selalu ditambahkan ke dalam lubang yang isinya suadh berkurang dan menyusut akibat proses pelapukan.


Kompos yang terbentuk dalam lubang dapat diambil pada setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan lubang resapan.


Wow, aku benar-benar mendapat banyak pelajaran mengenai biopori dan resapan air hari ini. Senanngnya~ Aku patut merasa bangga karena kantorku cukup peduli dengan masalah lingkungan. Ini bukan kegiatan cinta lingkungan kami yang pertama loh... Selain ini ada juga kegiatan 「Sehari Tanpa Asap Rokok」, terus ada juga kegiatan 「No New Paper Day」 yang dilaksanakan secara rutin setiap bulannya. Kuharap kegiatan-kegiatan seperti ini tidak hanya kantor kami saja yang melaksanakannya, tapi juga kantor-kantor, pabrik-pabrik lain, serta seluruh masyarakat. Aku juga berharap banyak yang membaca artikel ini sehingga tergerak untuk ikut berpartisipasi juga. Belum terlambat, mari kita mulai merawat lingkungan!p(^-^)q Oh iya, ini foto-foto kami saat beraktvitas dan setelah beraktivitas, hehe...narsis mode : ON nih. (^-^)v

No comments: