Monday, July 16, 2012

PICNIC @ TMII

Museum Keprajuritan Indonesia
menaiki Kapal Pinisi :D
pintu masuk museum dan wanita-wanita kepanasan...hahaha

at Anjungan Bali (^-^)
at Anjungan Riau
Anjungan Sumatra Barat dan Kepulauan Indonesia
Snow Bay (without real snow)
ada kereta monorel!
Istana Anak-Anak, up from the sky. :D
Then here we are, at Istana Anak-Anak. \(^o^)/

Yaaayy...akhirnya kesampaian juga main ke Taman Mini Indonesia Indah lagi. Terakhir ke sini (pertama kali juga) tuh waktu kelas 3 SMP. Itu pun karena kegiatan karya wisata sekolah, hehe... Hari Sabtu (tadinya mau Minggu dink) tanggal 14-Juli kemarin sengaja dipilih karena weekend-weekend sebelumnya ada yang gak bisa ikutan. Plus, ngejar waktu sebelum Ramadhan. Tapi pada akhirnya Roy dan Dame tetap gak bisa ikut. :( Alhasil, kami berempat inilah yang piknik bareng. Aku, Isa, Anggi, dan Ana (yang tadinya juga nyaris gak bisa ikutan). Ketemuan di Pancoran jam 9 pagi, sarapan, terus tancap gas ke TMII via tol.

Sampai di TKP kira-kira udah setengah sebelasan, karena masih rada bingung mau ke mana dulu, akhirnya menuruti saran om satu-satunya ini untuk berkeliling dulu buat lihat-lihat. Setelah muter-muter, akhirnya memutuskan Museum Keprajuritan menjadi tempat pemberhentian pertama. Museumnya unik banget!! Bangunannya berbentuk benteng yang di depannya ada kolam besar banget. Dan ada 2 kapal besar, satu kapal Pinisi warna putih dan satu lagi kapal kayu yang dijadikan warung. Hahaha... Untuk mencapai museum, musti melewati jembatan kayu yang goyang-goyang gitu, agak serem. Soalnya ada beberapa kayunya yang sudah jebol. Untungnya itu jembatan di bawahnya ada semacam temboknya, jadi kalau jalan pas di atas bagian itu gak goyang-goyang. Bagian dalam museum berisi berbagai diorama masa-masa peperangan di berbagai wilayah Indonesia. Lengkap dengan manekin-manekin berkostum daerah dan miniatur formasi-formasi perang jaman dulu. Ada formasi udang, burung garuda, dan masih banyak lagi. Semuanya bagus. Puas berkeliling, kami lanjut ke tujuan berikutnya, anjungan daerah!

Anjungan daerah yang pertama disinggahi adalah Anjungan Bali. Selain memang udah niat untuk ke situ, letaknya pun persis di seberang Museum Keprajuritan tadi. :D Gak pakai lama, langsung berkeliling dan foto-foto deh. Kami bahkan minta bantuan bocah-bocah SMA buat motoin kami berempat. XD Selanjutnya, Anjungan Riau. Bentuk-bentuk rumahnya cantik-cantik! Warnanya juga cerah-cerah loh, menyenangkan untuk dilihat. Areanya gak terlalu besar, gak banyak yang bisa dieksplor jadinya. Akhirnya cuma mampir foto dan ngadem bentar. Panas bangeeet waktu itu. Dari situ, kami mampir ke Anjungan Sumatera Barat di sampingnya. Aku suka banget anjungan ini, terpesona dengan rumah-rumah gadang yang megah. Sayangnya waktu itu lagi ramai banget di sana karena ada acara Minang plus pengunjung lainnya juga banyak banget, jadi kami cuma numpang lewat deh..

Dari situ, kami putar-putar lagi dan akhirnya, naik skylift!! Horeee... Si Anggi tadinya sempat gak mau tuh karena takut. Tapi aku keukeuh mau naik. Berhubung bayarnya juga gak mahal-mahal amat (25rb/orang), rutenya pun lumayan (PP aja sih sebenarnya), naiklah kami. Dari atas, terlihat semualah itu semua yang ada di TMII. Anjungan-anjungannya, area permainan air Snow Bay, Istana Anak-Anak, dan bahkan miniatur kepulauan Indonesia! Sayang kami berada di sisi utara kepulauan itu, jadi bentuknya kurang terlihat. Oh iya, kami juga bisa lihat kereta monorelnya dari atas! Hehehe.

Next stop, Istana Anak-Anak! \(^o^)/ Masuk ke sini berasa kembali ke jaman anak-anak. Kenapa? Karena tempat ini adalah merupakan tempat syuting lagu anak-anak yang paling sering dipakai di tahun 90-an. :D Baru tahu juga kalau ternyata di area istana ini ada kolam permainan airnya juga. Aku suka tempat ini! Kastilnya bagus dan besar. Sayang gak bisa naik sampai ke tingkat yang paling tinggi karena memang ditutup ya.. Lagi-lagi di sini kami celingukan pas pengin foto berempat. Bingung mau minta tolong siapa. Akhirnya minta tolong ke salah satu pasangan pacaran yang sednag melintas. Hahaha...

Selesai di Istana Anak-Anak, makan siang dulu. Karena gak berani makan di sembarang resto karena takut mahal, ujung-ujungnya makan makanan siap saji deh...huhuhu. Habis dari situ, meluncur ke tempat tujuan terakir, Museum Purna Bhakti Pertiwi. Museum ini berisi berbagai macam koleksi milik keluarga almarhum mantan presiden Indonesia, Bp. Soeharto dan almarhumah Ibu Tien Soeharto. Berbagai benda hasil pemberian delegasi berbagai negara yang pernah berkunjung ke Indonesia, serat koleksi-koleksi pribadi. Yang epic dari semua koleksi mahal di museum ini adalah ranjang pengantin ala negara Cina yang terbuat dari giok. Lalu batang-batang pohon jati super besar, dan tentunya mozaik lukisan almarhumah Ibu Tien yang dibuat dari tempelan foto-foto koleksi pribadi keluarga Cendana. Keren banget! Sayang gak dicantumkan siapa penyusunnya, salut. Ayooo yang butuh altenatif tempat jalan-jalan di Jakarta, bisa banget loh berkunjung ke TMII. Wong saya yang baru 1,5 tahun di Jakarta aja bosan ke mall melulu. Jadi kalau ada kesempatan untuk jalan-jalan ke objek wisata begini, bahagiaaa!! :') Sampai jumpa di piknik-piknik berikutnya ya teman-teman. (^-^)v

2 comments:

Astarina S said...

termuliakanlah mas isa diantara para wanita ^^

Hayu said...

Umm...gak juga sih mba. Justru dia kami perbudak sbg tukang foto. :))